Jumat, 28 Desember 2012

Perahu Getek Di Blitar

Berbicara pariwisata di Indonesia, mayoritas mungkin berpendapat bahwa banyak potensi wisata di Indonesia yang terbengkalai. Entah mungkin terlalu banyak hingga membuat pemerintah dan mungkin masyarakatpun hamper tak perduli. Mungkin tidak ada yang menyangka sekarang jika wisata desa sangat digemari wisatawan mancanegara. Siapa juga yang menyangka jika produk – produk buah tangan yang terbuat dari bahan alami akan laris di ekspor ke luar negeri. Namun, sebelum terlalu jauh ke masalah itu. Mungkin ada baiknya jika saya membahas salah satu potensi objek wisata ini.

Di Desa Purwokerto, Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar. Terdapat alat transportasi yang biasa disebut masyarakat sekitar perahu getek. Perahu yang melintasi sungai Brantas ini cukup besar ukurannya. Hingga mampu memuat mobil bahkan truck sekalipun. Transportasi ini banyak dipilih karena langsung memotong jalur Blitar ke Tulung Agung.

Kenapa berpotensi? Selain menampilkan pemandangan yang indah di sepanjang sungai Brantas. Naik perahu ini juga cukup mengasyikkan sambil melihat derasnya arus sungai terpanjang di Jawa ini. Selain itu, system kerja yang digunakan perahu ini sangat unik untuk menyeberangi sungai. Dengan menggunakan rel dari besi yang di kaitkan dari tepian sungai. Kemudian dari rel itu ada penyangga ke perahu yang ada roda sebagai penggerak dan penahan perahu. Perahu di jalankan dengan menggunakan kekuatan arus sungai di bantu kemudi kapal yang terus ditahan untuk berbelok ke kanan maupun ke kiri. Jika ke seberang terus ditahan ke kiri begitupun sebaliknya ketika kembali kemudi ditahan ke kanan.

Mungkin ini adalah objek pariwisata yang sederhana. Namun, cukup ampuh untuk bersantai sejenak dalam perjalanan dari Blitar ke Tulung Agung.

Text & Photo : Dedik Suharmanto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar