Jumat, 28 Desember 2012

PESONA RANU KUMBOLO

Sudahkah anda menonton film 5cm? jika ya, ada kemungkinan anda akan terjangkit virus untuk mendaki ke puncak gunung semeru atau mahameru. Periode bulan ini memang pendakian ke gunung semeru meningkat pesat. Hingga ada kabar jika jalur pendakian akan ditutup hingga bulan maret 2013 untuk pemulihan vegetasi. Bagi anda yang tidak mendapat kesempatan pendakian saat ini jangan menyesal dulu. Sabarlah menunggu sambil membaca artikel ini.

Menuju ke puncak semeru ada banyak jalur yang bisa digunakan. Baik dari lumajang maupun dari malang. Saya akan berbagi pengalaman dari jalur malang. Karena jalur ini lebih aman dan akses yang lebih mudah dari kota – kota besar. Begitu sampai di kota malang anda bisa turun di pasar tumpang kemudian melanjutkan dengan menyewa jeep atau truck untuk pergi ke awal pendakian yaitu Ranu pani.

Dari Ranu Pani inilah pendakian dimulai. Karena disini jalur terakhir yang bisa dilalui kendaraan. Setelah dari Ranu Pani kebanyakan pendaki akan berhenti dan bermalam di Ranu Kumbolo. Sebuah danau di ketinggian 2500M dpl. Pemandangan disini sangat indah. Terutama pemandangan sunrisenya yang mirip dengan gambar yang kita biasa gambar pada waktu kecil. Matahari yang diapit dua bukit. Menyenangkan untuk camping disini, selain suasana alamnya yang nyaman. Sumber airpun juga dekat. Air yang ada di danau pun dilarang untuk digunakan mandi karena air danau ini adalah pasokan air minum di kota-kota di lereng gunung semeru.
Banyak legenda dan mitos di danau ini. Selain masih adanya masyarakat yang memberikan sesembahan di arca yang ada di danau Ranu Kumbolo ini. Juga ada tempat yang disebut “Tanjakan Cinta” yang asal namanya memiliki banyak versi.

Ranu Kumbolo adalah tempat yang direkomendasikan bagi orang yang hanya ingi untuk berkemah di alam terbuka. Dan tidak pergi mendaki ke puncak semeru. Siapa yang mampu menolak keindahan alam dan suasana keakraban yang disajikan oleh dana Ranu Kumbolo ini. Selamat berwisata.

Text & photo: Dedik Suharmanto 08220337

1 komentar:

  1. Menarik banget jadi pingin ke danau ini. Udah lama dengernya sejak aku masih SMP tapi belum terlaksana. Gimana detil menuju lokasi dan apa aja fasilitas yang ada di danau??? penginapan, warung munkin. Thanks

    BalasHapus