Jumat, 28 Desember 2012

Makam Pajimatan Imogiri


Makam Pajimatan Imogiri terletak di Desa Pajimatan, Kalurahan Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul. Posisinya berjarak sekitar 17km arah tenggara Kota Yogyakarta. Makam seluas 10 hektar ini terletak di atas Bukit Merak setinggi 35-100 meter dari atas permukaan laut. Dibangun oleh Raja Mataram Islam ke – 3 yaitu Sultan Agung pada tahun 1632.

Diceritakan bahwa asal mula pembangunan kompleks pemakaman ini bermula dari kebiasaan sang Sultan yang mampu bepergian jauh dalam waktu sekejap. Beliau biasa Sholat jumat di makkah dan suatu ketika ketika berjalan berkeliling kota diluar kompleks masjidil haram. Beliau mencium bau harum dari suatu tempat dan berniat untuk memakamkan dirinya disana kelak bila beliau tiada. Namun, oleh sahabtnya dari sana dianjurkan untuk membawa segenggam tanah itu dan mencari tempat tanah yang sesuai di dekat kerajaannya. Agar rakyatnya bisa mengunjungi makam Rajanya. Singkat cerita, tanah yang paling sesuai adalah tanah di desa Pajimatan.

Bagi anda yang sedang berwisata ke Yogyakarta, jangan lupa untuk mengunjungi Komplek makam ini. Selain bersejarah, makam ini juga memiliki arsitektur yang menarik. Bisa sebagai tempat wisata edukasi yang direkomendasikan untuk keluarga. Juga bisa bagi wisatawan yang berniat untuk berwisata religi di komplek pemakaman ini.

Text & photo : Dedik Suharmanto 08220337

Tidak ada komentar:

Posting Komentar