Kamis, 18 Oktober 2012

Objek Wisata Makam Bung Karno


Astono Mulyo, tempat peristirahatan terakhir Bung Karno
Komplek makam Bung Karno merupakan salah satu objek wisata religi yang terkenal. Berlokasi di Kelurahan Bondogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar Jawa Timur. Komplek Makam ini tak pernah sepi dikunjungi pengunjung.
Gapura Agung, pintu masuk ke Astono Mulyo
Bagian pertama dari komplek makam ini adalah pendopo agung, pintu masuk ke Astono Mulyo. tempat Bung karno di kebumikan. Dulu makam bung karno ini terdapat dinding untuk penghalang menuju ke makam Bung Karno. Kemudian di waktu Gus Dur menjabat sebagai Presiden Makam ini dbangun terbuka, sehingga peziarah bisa langsung berdoa di samping makam.
Menuju pintu keluar anda akan disambut pasar yang menyediakan aneka souvenir. Harga yang ditawarkan bervariasi, tergantung kepiawaian anda dalam menawar harga. Souvenir yang tersedia pun cukup menarik, dari kerajinan aneka marmer, kayu, sampai kaos dengan gambar Bung Karno atau ikon khas Blitar.
Di komplek makam ini juga ada perpustakaan yang memiliki arsitektur yang menarik dan tentu saja menyediakan semua buku yang berkaitan dengan sang Proklamator. Di sini juga terdapat lukisan Bung Karno yang paling terkenal, lukisan diri Bung Karno yang disebutkan kalau gambar di bagian dadanya berdetak seperti jantung. Seolah - olah ini lukisan hidup.
Komplek Makam Bung Karno tidak hanya menawarkan wisata religi. Namun, juga wisata edukasi dan sejarah hidup Presiden pertama RI ini. Bukan hanya itu, objek wisata ini juga menawarkan wisata belanja yang menarik.

Text & Photo : Dedik Suharmanto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar